Sejarah Singkat

RIWAYAT SINGKAT SEJARAH TK NEGERI 1 SLEMAN

Pada tanggal 7 januari 1957 lahirlah sebuah taman kanak-kanak atas prakarsa dari almarhum Bapak Prof. Dr. Abdullah Sigit dan Ibu Dra. Parwati serta almarhum Ibu Amin Ramelan sebagai Pengawas. Sedangkan sebagai pengasuh ditunjuk Ibu Djoewariyah yang selanjutnya diperkenakan untuk memilih nama untuk taman kanak-kanak tersebut

Kemudian dipilih nama “WIJAYA” untuk taman kanak-kanak tersebut, dengan harapan tk tersebut kelak akan menjadi jaya. Adapun letaknya di Bulaksumur. TK Wijaya hidup ditengah kampus Universitas Gajah Mada berkembang dengan pesat. Pada kelahiran pertama jumlah siswanya hanya 9 anak, 3 diantaranya putera dosen asing.

Pada tahun 1961 berkembang menjadi 2 kelas, maka bertambah satu orang guru lagi yaitu Ibu Sri Wahjuni Widayati. Pada tahun 1966 TK Wijaya diserahterimakan ke IKIP Yogyakarta dan diberi nama TK PEMBANGUNAN IKIP. Dengan berubahnya nama, bertambahlah jumlah kelas dan gurunya Ibu Sri Soebijati pindahan dari TK Buyung, Ibu Maryanani dan Ibu Murtinah dari TK Seroja, ini terjadi pada tahun 1967.

Pada tahun 1969 diangkatlah seorang kepala TK yakni Ibu Sri Djoewariyah dan tempat/ lokasinya dipindah ke selatan di Bulaksumur H7 (yang sekarang digunakan untuk Wartel dan KOPMA UGM).

Pada tahun 1977 2 guru dilimpahkan ke SD Negeri IKIP yaitu Ibu Murtinah dan Ibu Maryanani yang pada waktu itu kekurangan guru. Pada waktu itu pula TK Pembangunan IKIP diresmikan menjadi TK Negeri IKIP YOGYAKARTA dengan tambahan predikat sekolah laboratori. Pada tahun 1986 semua laboratori IKIP dilimpahkan ke Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi DIY, yang pada saat itu sebagai kepala adalah Bapak Drs. Soebroto dan tidak terkecuali TK nya dan perubahan TK NEGERI IKIP YOGYAKARTA menjadi TK NEGERI SLEMAN.

Berhubung lokasi lama TK negeri 1 sleman yaitu di Bulaksumur H7 akan dipergunakan untuk wartel dan pengembangan KOPMA UGM maka atas kemurahan hati dari rector UGM (Bapak Prof. Dr. H. Koesnadi Hardjosoemantri,SH.) almarhum, beliau berkenan memberikan sebidang tanah yang letaknya di Sekip Blok W3 Yogyakarta, untuk didirikan gedung Tk negeri Sleman yang baru. Adapun sumber pembiayaan pembangunan berasal dari orang tua/ wali murid (BP3), mendapat bantuan dari rector UGM, BNI 1946 dan beberapa donatur lainnya.

Pada tahun 1989 diresmikan gedung baru TK Negeri Sleman oleh Bpk. Drs. Subroto selaku kepala Kanwil Depdikbud Propinsi DIY dan Prof. Dr. H. Koesnadi Hardjosoemantri, SH. Sedangkan untuk pembangunan tahap II dilakukan pada tahun 1992.

Pada tahun 1989 Kepala TK Negeri Sleman (Ibu Siti Djoewariyah) ditunjuk menjadi penilik TK-SD Kecamatan Mlati dan ditunjuk sebagai gantinya Ibu Sri Wahjuni Widajati. Pada tanggal 1 Oktober 2000 Kepala TK Negeri Sleman (Ibu Sri Wahjuni Widajati) mejalani masa purna tugas (pensiun) dan ditunjuk gantinya Ibu Hj. Badriyah.

Dengan adanya otonomi daerah pada tahun 2000 TK Negeri Sleman mengalami perubahan menjadi TK Negeri 1 Sleman sampai sekarang. Pada tanggal 1 Desember 2003 Ibu Hj. Badriyah juga purna tugas dan ditunjuk sebagai pengampu kepala yaitu Ibu Sri Murbani (Kepala TK Negeri Sleman 3) dan pada tanggal 27 Mei 2004 telah ditunjuk Kepala TK Definitif yaitu Ibu Nunik Erwani Sri Widiyati, S.Pd.

Pada tahun 2010 TK Negeri 1 Sleman membangun gedung tambahan yaitu laboiratorium komputer, Ruang Guru dan Gudang alat yang peletakan batu pertama pembangunnya telah dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2010. Adapun letaknya di sebelah barat gedung lama dan sumber pembiayaannya semua berasal dari Bapak/Ibu Orang tua/Wali murid (Komite).

Pada akhir tahun 2011 TK Negeri 1 Sleman mendapat Dana Rintisan PAUD dari Pusat, maka dibukalah Kelompok Bermain pada awal Februari 2012. Jumlah siswanya 20 anak, pengajarnya Ibu Witri Istiana, S.Pd.AUD dan Ibu Ike Anggorowati S.Pd.AUD. Kelompok bermain sudah menggunakan gedung kelompok bermain yang baru dengan dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok mawar dan kelompok melati.

Demikian riwayat singkat TK Negeri 1 Sleman. Terima kasih.

 

  • Album Galeri

    • free vector